Senin, 16 Juni 2014

PRD - Report Designer Start up



Translate by google wiki pentaho



Report Designer Start up
The Pentaho Report Designer Versi Checker

Pentaho Report Designer termasuk checker versi yang meminta Anda ketika versi baru dari Report Designer yang tersedia. Ketika melakukan cek versi, server membuat panggilan HTTP ke Pentaho Report Designer dan informasi pertukaran. Informasi ini digunakan untuk menentukan apakah pembaruan tersedia dan untuk menganalisa penggunaan Report Designer di lingkungan yang berbeda. Versi checker membantu Pentaho untuk merencanakan dan memprioritaskan sertifikasi Platform, rencana pengujian, dan rencana lokalisasi.

Catatan: Versi checker yang tersedia untuk semua komponen Pentaho BI Platform.

Ketika Anda pertama kali menginstal Report Designer, kotak dialog berikut akan muncul meminta Anda untuk mengaktifkan versi checker:

Jika Anda mengaktifkan versi checker, Anda menerima pemberitahuan pembaruan berkala seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Pemberitahuan ini muncul ketika ada Ketersediaan Umum (GA) rilis utama. Klik versi yang Anda inginkan, kemudian klik Update untuk mulai men-download.

Anda dapat mengaktifkan versi otomatis checker dalam Laporan Designer jika Anda tidak mengaktifkannya saat instalasi. Pergi ke Edit -> Preferences dan klik Enable Versi Checker:

Anda dapat mengaktifkan versi otomatis checker dalam Laporan Designer jika Anda tidak mengaktifkannya saat instalasi. Pergi ke Edit -> Preferences dan klik Enable Versi Checker:

Dengan mengaktifkan Beritahu saya jika (didukung) rilis pengembangan adalah pilihan yang tersedia, Anda akan menerima pemberitahuan pembaruan ketika ada rilis pengembangan. Ini juga akan berada di daftar download yang tersedia. Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa rilis pengembangan yang tidak didukung mungkin tidak memiliki fungsionalitas penuh dan fitur yang tersedia dalam rilis Ketersediaan Umum.

Jika Anda memilih keluar dari versi checker, Anda masih dapat memeriksa update secara manual. Dalam Laporan Designer, pergi ke Bantuan -> Check for Updates:
Selamat Datang Halaman

Laporan Designer menampilkan halaman Selamat Datang di start up. Halaman Selamat Datang menyediakan Anda dengan pilihan untuk mulai membuat laporan baru dengan Laporan Desain Wizard atau untuk memulai dengan laporan kosong. Halaman Welcome juga menyediakan akses ke laporan sampel dan laporan baru-baru ini dibuka. Klik Laporan Baru untuk membuka ruang kerja laporan.

Laporan desainer kerja

Di tengah-tengah ruang kerja area putih besar merupakan wilayah kerja utama di mana Anda membangun sebuah laporan. Di sisi kiri dari Laporan Designer workspace adalah Palette yang berisi daftar elemen grafis laporan. Di sisi kanan ruang kerja, panel Struktur memungkinkan Anda untuk melihat representasi hirarkis laporan. Panel Properties memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan dari pilihan yang tersedia saat ini. Di bagian bawah ruang kerja, panel Messages menampilkan informasi yang berguna, petunjuk, peringatan, dan kesalahan yang berlaku untuk definisi laporan Anda saat ini.

Membuat Laporan Baru

Dalam tutorial ini, kita membuat laporan baru dari awal tanpa menggunakan Laporan Desain Wizard. Setelah Anda memilih Laporan Baru dari Pane Welcome atau "File-> New", Anda akan melihat tab baru membuka laporan up. Ruang kerja ini dibagi menjadi beberapa band seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

Panel Struktur di sisi kanan memberikan Anda pandangan atas unsur-unsur visual dari laporan di "desain" tab dan tampilan data-sentris dalam Data-tab. Tab data memungkinkan Anda untuk menentukan di mana data laporan berasal dari dan bagaimana data ini diproses selama pemrosesan laporan.


Struktur-view memungkinkan Anda untuk menentukan bagaimana laporan Anda akan terlihat seperti dan bagaimana data Anda dicetak.

Setiap laporan membutuhkan data untuk dicetak, jadi mari kita mulai dengan menambahkan sumber data.
Menambahkan Data Source

Sebuah laporan umumnya terdiri dari data yang diberikan oleh sumber data dalam bentuk tabel dan definisi laporan yang mendefinisikan bagaimana laporan harus diformat atau dicetak. Kolom dengan dapat diidentifikasi oleh nama kolom yang unik dengan tipe data tertentu.

Pentaho Reporting dilengkapi dengan berbagai sumber data. Selama tahap persiapan, kami memutuskan untuk menggunakan database SQL untuk membaca data dari.

Pilih tab Data di tangan kanan panel struktural.

Pilih "Tambah Sumber Data" tombol pada toolbar, atau klik kanan dengan mouse Anda pada data sumber simpul untuk membuka menu konteks.

Pilih "JDBC" entri.

The JDBC sumber data editor akan terbuka up.

Pilih "SampleData (Memory)" koneksi.

Setiap sumber data dapat menyimpan beberapa query per sambungan. Sambungan dibagi antara semua pertanyaan. Sebagian besar sumber data menggunakan query bernama, yang memungkinkan Anda untuk menetapkan nama simbolik untuk setiap query. Nama-nama ini lebih mudah untuk menangani daripada query string berpotensi kompleks.

Buat klik permintaan baru pada plus hijau di sudut kanan atas sebelah "Tersedia Queries" kotak. Sebuah query baru bernama "default 1" akan ditambahkan ke daftar pertanyaan yang tersedia.

Pilih ini permintaan-nama dan masukkan query SQL ke dalam Query Box:
Query
SELECT
     PRODUCTS.PRODUCTLINE,
     PRODUCTS.PRODUCTVENDOR,
     PRODUCTS.PRODUCTCODE,
     PRODUCTS.PRODUCTNAME,
     PRODUCTS.PRODUCTSCALE,
     PRODUCTS.PRODUCTDESCRIPTION,
     PRODUCTS.QUANTITYINSTOCK,
     PRODUCTS.BUYPRICE,
     PRODUCTS.MSRP
FROM
     PRODUCTS
ORDER BY
     PRODUCTLINE ASC,
     PRODUCTVENDOR ASC,
     PRODUCTCODE ASC

A Graphical SQL Editor
If you do not know the exact names of the tables and columns that are defined in your database, you can use a visual query designer to design your SQL queries.
To enter the visual query designer, click on the "Pencil" icon above the query area.
Click Preview to see what data gets returned. You should see this dialog:

Sekarang bahwa kita memiliki beberapa data, kita tambahkan beberapa bidang tata letak laporan.

Menyimpan laporan

Itu selalu ide yang baik untuk menyimpan pekerjaan Anda secara teratur. Untuk menyimpan laporan Anda, gunakan "File -> Save". Dalam pemilih berkas berikut, memilih lokasi yang cocok dan masukkan nama file untuk laporan Anda.
Menambahkan kolom Detil

Bila Anda menambahkan sumber data pertama dengan query untuk laporan, desainer laporan secara otomatis memilih permintaan pertama yaitu data-source sebagai query utama. Anda Data-tab sekarang harus terlihat seperti ini:

Bila Anda menambahkan sumber data pertama dengan query untuk laporan, desainer laporan secara otomatis memilih permintaan pertama yaitu data-source sebagai query utama. Anda Data-tab sekarang harus terlihat seperti ini:

Saat membuat laporan, mesin pelaporan akan mencetak semua elemen dari band detail dengan data dari semua baris. Jadi pelaporan mesin cetak sebanyak rinci band karena ada baris dalam tabel hasil data-sumber itu.

Tabel hasil kami berisi satu item per baris, sehingga menempatkan semua informasi item ke dalam band detail akan ideal untuk katalog.

Tambahkan elemen laporan kepada band detail. Untuk itu, tarik bidang "PRODUCTNAME" dari tab data sumber ke rincian daerah. Tempatkan di sudut kiri atas area tersebut.
Berikutnya tarik bidang "PRODUCTSCALE", QUANTITYINSTOCK, BUYPRICE dan MSRP ke rincian daerah dan menyelaraskan semua elemen samping satu sama lain.

Ketika Anda harus memindahkan elemen sekitar, pilih terlebih dahulu dengan satu klik mouse. Anda akan melihat garis biru dengan delapan menangani sekitar elemen. Klik di dalam elemen dan tarik elemen ke posisi baru. Anda dapat menarik salah satu pegangan untuk menambah atau mengurangi ukuran elemen.

Your report designer should look like this now:

Sekarang saatnya untuk melihat report. Selama preview mesin pelaporan menghasilkan laporan lengkap untuk Anda. Dengan cara ini Anda dapat melihat bagaimana elemen Anda terlihat dengan data real diisi ketika laporan merender.

Untuk masuk ke modus pratinjau, klik pada "Preview" ikon di bagian bawah tool-bar.
http://wiki.pentaho.com/download/attachments/20283575/prd-preview-icon.png?version=1&modificationDate=1292347514000
Your report should now look similar to this image:

Untuk kembali ke modus desain klik pada "Desain Mode" ikon. Ikon ini adalah di tempat yang sama sebagai ikon pratinjau.


Menambahkan kolom Halaman Footer

Dengan data sampel yang terbatas, katalog hanya membutuhkan 3 halaman yang akan dicetak. Ketika katalog adalah lebih besar, pembaca Anda akan memiliki waktu yang sulit menavigasi melalui banyak halaman. Jadi mari kita membantu mereka dengan meletakkan halaman-angka ke daerah bawah halaman.

Setiap halaman laporan berisi dua daerah khusus. Di bagian atas setiap halaman, Anda akan menemukan area halaman header. Bagian bawah halaman ditempati oleh area halaman footer. Sisa ruang yang tersedia untuk isi laporan yang sebenarnya.

Mesin pelaporan menghasilkan Nomor halaman menggunakan fungsi laporan. Beralih ke data-tab dan pilih "Add Fungsi" ikon.

Dalam dialog yang terbuka, pilih Page-of-Pages fungsi dari "Common" kelompok

Setelah Anda memilih fungsi tersebut dan klik tombol OK, fungsi akan ditambahkan ke laporan.

Fungsi berfungsi seperti bidang dari sumber data. Tarik fungsi ke dalam laporan halaman-footer.


Preview sekarang berisi laporan dengan halaman saat ini dan jumlah halaman di halaman-footer.

Tambah Grup

Salah satu persyaratan untuk laporan ini adalah, bahwa barang-barang dari katalog harus dikelompokkan berdasarkan lini produk mereka.

Pengelompokan adalah cara yang bagus untuk membagi daftar panjang data sepanjang pemisah yang berarti. Dengan kelompok Anda dapat menyimpan barang serupa bersama-sama dan memungkinkan Anda untuk penggambaran memisahkan barang-barang dari kelompok lain item. Anda juga akan membutuhkan kelompok untuk melakukan berbagai agregasi atas data, seperti mencetak jumlah item dalam kelompok atau menghitung jumlah atau rata-rata.

Menambahkan grup dengan beralih ke "struktur tampilan". Struktur tampilan berisi elemen visual laporan Anda. Di pohon, Anda melihat laporan-header dan footer serta grup standar yang berisi rincian band dan rincian Header dan footer.

Pilih "kelompok" node dan klik pada "Edit Grup" icon di tool-bar.

Select the "Add Group .." option in the following popup.

In the dialog that opens up, enter the group name "Product Line Group". Then select the "PRODUCTLINE" field and add it to the list of group fields by clicking the yellow side-ways pointing arrow between the lists.

After pressing OK you will see the group in the report structure view.

Tambahkan label statis untuk laporan Anda dengan menyeret ikon Label dari palet di sisi kiri Laporan Designer ke header kelompok.

Anda sekarang dapat mengedit teks label dengan mengklik ganda ke label. Label di header kelompok berubah menjadi redaktur sebuah. Klik pada ".." tombol untuk membuka jendela di mana Anda dapat mengedit teks Anda untuk "Product Line:".


Selanjutnya beralih ke data-tab di sisi kanan dan tarik "productline" lapangan ke dalam header grup.

Preview laporan Anda untuk melihat bagaimana kelompok pos membagi daftar item. Gambar ini menunjukkan halaman kedua laporan yang dihasilkan.

Memformat Elemen

Laporan ini tidak terlihat sangat menarik pada tahap ini. Jadi mari kita tambahkan sentuhan warna dan memungkinkan membuat judul lebih menonjol.

Pentaho Reporting menawarkan sejumlah besar pilihan styling untuk elemen Anda. Sebagian besar opsi styling ini mirip dengan apa yang dapat Anda temukan di aplikasi pengolah teks seperti OpenOffice.

Anda dapat mengubah ukuran font dan gaya font seperti "bold" atau "miring". Anda juga dapat mengubah teks dan warna latar belakang dari elemen.

Untuk memformat elemen, Anda harus memilih elemen baik dalam tampilan desain atau dalam struktur pohon. Band tingkat akar seperti "Grup Header" atau "Rincian band" hanya dapat dipilih dalam struktur pohon.

Pentaho Reporting menawarkan tiga cara untuk mengubah gaya font atau warna teks. Anda dapat menggunakan menu Format (Format -> Font). Ini akan membuka dialog baru yang menawarkan satu set besar pilihan untuk mengubah penampilan elemen laporan Anda.

Pilihan yang paling banyak digunakan juga tersedia melalui lebih rendah tool-bar.

Dan akhirnya: Tabel gaya di bawah pohon struktur di sisi kanan jendela menawarkan power user akses ke semua gaya yang ada dan atribut pengaturan yang menawarkan elemen.

Pilih label dan lapangan di header dan meningkatkan ukuran font 16 dan membuat mereka berani dengan mengklik tombol bold dalam alat-bar. Ketika Anda menerapkan format, Anda akan melihat bahwa unsur lini produk teks tidak lagi sepenuhnya ditampilkan. Dalam Pentaho Reporting, lebar elemen selalu tetap. Untuk memastikan bahwa semua elemen laporan tercetak dengan benar, Anda harus memberi mereka cukup ruang.

Oleh karena itu meningkatkan lebar "productline" elemen dengan memilih hanya elemen ini. Hapus seleksi dengan mengklik di luar kotak dari elemen yang dipilih. Kemudian klik sekali pada elemen productline untuk memilihnya lagi. Anda sekarang dapat menyeret perbatasan tangan kanan dari elemen ke kanan untuk meningkatkan lebar dari elemen.


Itu selalu ide yang baik untuk membuat awal dari sebuah kelompok baru yang lebih jelas. Hal ini membantu pembaca laporan untuk memindai isi laporan lebih cepat. Menambahkan spasi ekstra untuk masing-masing kelompok dengan memberikan lebih banyak ruang untuk header grup. Pindahkan dua elemen yang lebih bawah. Atau Anda dapat mengedit "y" posisi dalam tabel gaya.

Halaman kedua preview laporan sekarang akan terlihat seperti gambar ini.

Memberikan band Anda warna latar belakang yang berbeda juga dapat membantu pembaca Anda dalam memahami laporan Anda lebih baik. Berikan header grup Anda warna latar belakang sehingga pembaca Anda dapat memberitahu awal kelompok.

Pratinjau berikutnya Anda harus menunjukkan Anda laporan ini pada halaman kedua:

Tambahkan Ringkasan Fungsi

Laporan yang berguna lebih dari sekedar daftar plain data. Dengan bantuan fungsi ringkasan, Anda dapat memberikan pembaca dikumpulkan informasi Anda, yang membantu mereka untuk mendapatkan gambaran singkat atas data dalam laporan. Dengan fungsi ringkasan Anda dapat menghitung item, menghitung jumlah, rata-rata dan minimum atau nilai maksimum. Jika Anda memilih untuk tidak mencetak informasi rinci dengan meninggalkan rincian bagian kosong, Anda dapat menyingkat ribuan baris data ke dalam satu halaman.

Misalnya laporan ini, kita akan menambahkan hitungan sederhana dari item ke footer kelompok.

Pentaho Reporting menyediakan dua cara untuk menghasilkan ringkasan informasi.

Modus sederhana memungkinkan Anda untuk mencetak informasi ringkasan, tetapi tidak memungkinkan Anda untuk menggunakan informasi tersebut dalam formula atau fungsi lainnya. Ini sangat bagus untuk cepat mencetak nilai-nilai tanpa mengacaukan laporan Anda dengan banyak fungsi.

Modus kompleks membutuhkan Anda untuk menambahkan fungsi bernama laporan (mirip dengan apa yang Anda lakukan untuk Page-of-Pages fungsi dari Page-Footer). Anda kemudian dapat mencetak hasil fungsi atau Anda dapat menggunakan hasil fungsi dihitung dalam perhitungan lain.

Untuk saat ini, mari kita berkonsentrasi pada metode yang sederhana dan memungkinkan menambah jumlah item untuk kelompok footer.

Tarik label dan field nomor ke dalam kelompok-footer. Pilih label dan klik di atasnya lagi untuk masuk ke edit mode. Ketik teks "Jumlah Item:". Kemudian pilih kolom nomor, dan set "agregasi-type" properti untuk "Hitung".

Select preview to see the result.



semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar